Tugas MK Arsitektur Pohon 2018 : Model arsitektur pohon paling mudah dan yang paling sulit

Ditulis oleh: -
Dosen Pengampu : Pak Atus Syahbudin
Oleh : Pradana Dwi Setyawan (07953)

Model arsitektur pohon paling mudah dan yang paling sulit : Long time no see! setelah tertidur terlalu lama, akhirnya saya menghidupkan kembali blog ini, saya memulai blog ini sejak kelas 2 SMA. kali ini saya akan membahas tentang arsitektur pohon. Pola percabangan tumbuhan  akan membentuk model arsitektur tumbuhan. Arsitektur percabangan merupakan gambaran morfologi pada suatu fase tertentu  dari  suatu rangkaian seri pertumbuhan pohon, nyata dan dapat diamati setiap  waktu.  Konsep arsitektur menunjukkan sifatnya yang dinamis karena tumbuhan terus berkembang  menurut waktu dan ruang. Model arsitektur terlihat pada saat tumbuhan yang masih muda dan tumbuh dengan baik (Hidayat, 1992). Model arsitektur diterapkan untuk tumbuhan berhabitus pohon sebagai  gambaran dari salah satu fase dalam rangkaian pertumbuhan  pohon  tersebut.  Setiap jenis  pohon memiliki ciri yang khas dalam rangkaian proses pertumbuhannya yang diwariskan secara genetik pada keturunannya. Oleh karena sifatnya yang konsisten  maka  model  arsitektur  pada setiap jenis pohon  dapat  dijadikan  data  tambahan  dalam membedakannya dengan jenis pohon lain (Arrijani, 2006). Nah kali ini saya mendapat tugas untuk mencari model arsitektur pohon yang menurut saya paling mudah dipahami dan yang paling sulit dipahami, berikut kedua model tersebut :

1. Model Corner



Gambar 1. Model Corner

Sumber : https://lulukada.blogspot.co.id/2017/07/model-arsitektur-pohon.html


Model  Corner merupakan model arsitektur pohon yang memiliki ciri batang monopodium dengan perbungaan lateral dan tidak bercabang, karena posisi perbungaannya yang lateral maka meristem apical dapat tumbuh terus (Lihat Gambar 1). Contoh tumbuhan  Model arsitektur Corner yang terdapat di Hutan Kota Banda Aceh (Hasanuddin,2013). Model arsitektur corner dimiliki oleh tumbuhan tropis modern.  model arsitektur corner terdapat pada tumbuhan dengan batang monokarpik dengan pertumbuhan ritmik dan perbungaan lateral.  beberapa famili tumbuhan yang memiliki model arsitektur corner antara lain: Cyatheaceae, Dicksionaceae, Cycadaceae, Liliaceae, Musaceae, Palmae, Phytelephasiceae, Anacardiaceae, Araliaceae, Cactaceae, Capparidaceae, Caricaceae, Compositaceae, Connaraceae, Flacourtiaceae dan lain-lain. (Surya,2011). Model Corner cukup mudah dipahami karena tidak bercabang.

2. Model Leeuwenberg



Gambar 2. Model Leeuwenberg

Sumber : https://lulukada.blogspot.co.id/2017/07/model-arsitektur-pohon.html

Model arsitektur pohon dengan aksis vegetatif yang ekivalen, homogen, orthotropik, akrotoni dan percabangan terdiri dari dua atau lebih cabang, disebut dengan model leeuwenberg.  Contohnya adalah Dracaena draco (Agavaceae), Ricinus communis dan Manihot esculenta (Euphorbiaceae). (Surya,2011). Model Leeuwenberg merupakan model arsitektur yang memiliki ciri batang berupa simpodium, namun setiap koulomner menghasilkan lebih dari satu koulomner anak di ujungnya yang menempati ruang yang ada. Contoh tumbuhan dengan  Model arsitektur Leeuwenberg. yang terdapat di Hutan Kota Banda Aceh (Hasanuddin,2013). Model ini sangat sulit dipahami karena mirip dengan model Scarrone, perbedaannya ada pada saat model Leeuwenberg berbunga, batangnya akan tumbuh menjadi 2 (lihat pada gambar 2) dan Axisnya Sympodial sedangkan Pada Scarrone bunganya di ujung dan axisnya Monopodial (Lihat gambar 3). Harus diperhatikan dengan seksama untuk bisa membedakan antara 2 model ini.



Gambar 3. Model Scarrone

Sumber :Tropical Trees and Forest,1978



Daftar Pustaka :

Arrijani, 2006. Model arsitektur pohon pada Hulu DAS Cianjur Zona Sub-Montana Taman Nasional gunung Gede Pangrango, Disertasi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Halle, F., R.A.A. Oldeman., and P.B. Tomlinson.1978.Tropical Trees and Forests : An Architectural Analysis. Springer-Verlag.Berlin Heidelberg, New York.

Hasanuddin. Morfologi Tumbuhan, Banda Aceh: ArRaniry Press, 2004.

Hidayat, E. B, Morfologi Tumbuhan Bandung ; jurusan Biologi ITB , 1992.

https://lulukada.blogspot.co.id/2017/07/model-arsitektur-pohon.html diakses 30 Maret 2018 pukul 12:51 WIB


Surya, Utami Marina. KORELASI ARSITEKTUR POHON MODEL RAUH DARI RASAMALA (Altingia excelsa Noronha.) DAN MODEL ARSITEKTUR ROUX DARI JENIS KOPI (Coffea arabica L.) TERHADAP KONSERVASI TANAH DAN AIR DI AREA PHBM  RPH GAMBUNG KPH BANDUNG SELATAN.SEKOLAH PASCASARJANA  INSTITUT PERTANIAN BOGOR BOGOR 

0 komentar "Tugas MK Arsitektur Pohon 2018 : Model arsitektur pohon paling mudah dan yang paling sulit", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment